RSS

9F Nesaba Tahun Ajaran 2011 / 2012 berusaha menjadikan SMPN 1 BATU menjadi sekolah terbaik yang berbudaya, cerdas, cakap, dan kompetitif dalam persaingan global, dengan dasar iman dan takwa

Kemenperin Siapkan SNI Performance Lampu

Ilustrasi 
 
JAKARTA - Standar Nasional Indonesia (SNI) unjuk kerja (performance) untuk produk lampu tengah disiapkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Kepala Pusat Standardisasi Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri (BPKIMI) Kemenperin Tony Sinambela menargetkan, SNI itu akan segera berlaku wajib pada tahun depan.

"Targetnya tahun depan. Tapi belum tahu bulan apa. Karena, kami butuh waktu untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari laboratorium uji hingga mengetahui seberapa besar kesiapan sektor industri terkait,” kata Tony di Jakarta, Kamis (29/12/2011).

Menurutnya, pemberlakuan SNI performance itu berbeda dengan SNI lampu sekarang. SNI yang sekarang, kata dia, lebih mengacu pada keselamatan (safety). “SNI yang sekarang berguna misalnya agar jangan sampai terjadi kejut listrik dan plastiknya tidak meleleh karena panas sekali. Sedangkan SNI performance misalnya untuk mengecek seberapa besar watt listrik lampu agar sesuai dengan pemakaian. Lalu, bisa dipakai sampai berapa lama,” jelasnya.

Dia menuturkan, pemberlakuan SNI performance adalah berdasarkan kesepakatan antara pelaku usaha terkait, Kemenperin, dan negara-negara Asean. Menjelang Asean Economic Community (AEC) pada 2015 mendatang, kata dia, Indonesia harus bisa memberlakukan sebanyak 180 standar. “Saat ini masih 29. Perjalanan masih jauh sekali,” ucapnya.

Tony menambahkan, saat ini sejumlah negara sudah memberlakukan SNI performance.
“Masih ada negara yang belum. Bukan hanya kita. Tapi, menurut saya Indonesia memang agak terlambat untuk memberlakukan SNI itu,” tandasnya. (Sandra Karina/Koran SI/wdi)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar